- CATEGORY -
APARTMENT
ARSITEKTUR
ART
FOOD
GARDENING
GAYA HIDUP
HOUSING
RUANG SEWA KOMERSIL
SEJARAH
URBAN PLANNING
HOME >> GAYA HIDUP 2016-11-03 06:44:55

Eksodus Ekspatriat Dari Indonesia, Kemang Sepi!

Dampak dari situasi tersebut, harga sewa rumah dan apartemen kelas atas mengalami kejatuhan. Pendaftaran murid-murid baru sekolah-sekolah asing juga hampir tidak ada.

Eksodus Ekspatriat Dari Indonesia, Kemang Sepi!
Sumber Foto : plotratio.com

Baca Juga :
# Jakarta Bakal Bangun Gedung Tertinggi se-Asia Tenggara
# Inilah Tiga Pusat Belanja Favorit Warga Jakarta
# Lippo Agresif Dengan Robbinz Setelah Ceraikan Robinson

PLOTRATIO.COM - Jatuhnya harga-harga komoditi pada pasar dunia membuat seluruh perusahaan yang mempekerjakan pekerja asing (ekspatriat) melakukan pengurangan drastis. Situasi menjadi lebih buruk lagi pada saat pemerintah Indonesia mengetatkan aturan ijin kerja bagi ekspatriat.

Jumlah ijin tinggal sementara atau KITAS yang dikeluarkan termasuk perpanjangannya menurun tajam dalam beberapa tahun terakhir, rata-rata sebesar 6.5% setiap tahun terhitung mulai 2014. Lima bulan pertama tahun 2016 telah dikeluarkan 72.399 KITAS namun banyak pihak meyakini bahwa akan terjadi penurunan dalam 7 bulan terakhir ditahun ini.

Ekspatriat kebanyakan bekerja pada sektor pertambangan dan energi yang mengalami tekanan dari pasar dunia.

Dampak dari situasi tersebut, harga sewa rumah dan apartemen kelas atas mengalami kejatuhan. Pendaftaran murid-murid baru sekolah-sekolah asing juga hampir tidak ada.

Tak pelak hal ini juga menekan tingkat konsumsi barang-barang dan menciptakan hilangnya mata pekerjaan para asisten rumah tangga, sopir, tukang kebun serta satpam. Mereka menjadi pengangguran setelah ditinggal para majikan yang pulang kembali kenegara asalnya.

Ambar sebagai contoh, telah mencari pekerjaan baru sebagai asisten rumah tangga setelah majikannya pulang kenegara asalnya di Venezuela beberapa bulan lalu. Dia berharap untuk mendapatkan majikan baru, keluarga ekspatriat, mengingat gaji yang diterimanya jauh lebih tinggi dibanding bekerja pada majikan Indonesia.

Sekolah internasional di daerah Jakarta Selatan yaitu Pondok Indah dan Bintaro Jaya mengalami penurunan jumlah penerimaan murid baru.

Terburuk adalah pada sekolah internasional di Balik Papan. Dari 3 sekolah, 2 diantaranya telah ditutup karena sedikitnya jumlah murid asing. Terjadi pengurangan jumlah siswa asing sebanyak 36% melanjutkan pengurangan yang terjadi tahun-tahun sebelumnya. Ini disebabkan karena terjadinya pengurangan besar-besaran jumlah pekerja ekspatriat disektor pertambangan dan energi.

Eksodusnya para pekerja eskpatriat ini oleh beberapa sumber dikatakan akan berdampak pada kekurangan tenaga-tenaga trampil dan berpengalaman disektor ini yang sangat dibutuhkan pada saat terjadi pemulihan pada pasar internasional nanti.

Rendahnya harga serta menurunnya permintaan dari Tiongkok yang merupakan negara utama tujuan ekspor, mengakibatkan penurunan terhadap eksplorasi komoditi minyak dan gas serta pertambangan lainnya. Mau tidak mau, perusahaan harus melakukan pemotongan biaya, salah satunya adalah mengurangi jumlah pekerja ekspatriat. Sudah bisa diduga, dampak dari semua hal tersebut diatas adalah terhadap tingkat hunian dan harga sewa rumah-rumah besar serta apartemen-apartemen mahal di kota-kota besar di Indonesia, utamanya di Jakarta.

Kawasan Kemang, Jakarta Selatan misalnya, kini banyak terlihat papan-papan "disewakan" dimuka rumah. Harga sewa rumah besar "fully furnished" yang dilengkapi taman besar serta kolam renang kini hanya US$ 3.000 perbulan, padahal tahun 2014 masih bisa disewakan dengan harga US$.5.000.

"Sudah 6 bulan saya mencari penyewa untuk rumah saya ini melalui broker namun hingga saat ini masih belum tersewa" kata seorang pemilik rumah di Kemang.
 
Penulis : Tanto Kurniawan
Editor : ET24
Sumber : plotratio.com




 

- BERITA TERKAIT -
# Inilah Tiga Pusat Belanja Favorit Warga Jakarta
Sebagian besar warga lainnya, terutama kelas menengah Jakarta pasti sudah pernah berbelanja atau bersosialisasi di tiga pusat belanja ini.
# Lippo Agresif Dengan Robbinz Setelah Ceraikan Robinson
Lippo menggenjot habis-habisan Robbinz di Tiongkok dengan membuka lokasi-lokasi baru diseluruh daratan Tiongkok yang mengalami pertumbuhan ekonomi yang sangat tinggi.
# Jakarta Kota di Dunia yang Paling Diminati Pebisnis Retail
Jakarta ternyata masuk dalam daftar Top 20 kota di dunia yang sangat diminati oleh pebisnis retail. Kota-kota mana lagi? Simak!
# Media Berita Online Real Estate yang Tidak Biasa
Analisa berita dilakukan oleh dewan redaksi yang terdiri dari pakar-pakar properti yang telah terbukti rekam jejaknya dan telah makan asam garam dalam dunia real estate Indonesia.
# Department Store Asing Kepung Jakarta
Jakarta sangat berbeda dengan negara Asean lainnya. Di negara Asean lain mayoritas department store yang ada adalah merk-merk lokal yang sangat bagus dan tidak kalah dengan merk asing.
# Jatuh Bangun Salah Satu Cafe Tertua di Dunia, Fauchon!
Fauchon sangat terkenal di Paris, merupakan salah satu cafe tertua di dunia yang punya cerita menarik dan belum banyak orang yang tahu. Apa ceritanya? Simak!

Untitled
Plotratio.com adalah media informasi tentang segala macam Real Estate.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan Berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari indonesia maupun dari luar Indonesia.
Powered by Sarangberita.com @102016